Wednesday 7 February 2018

Tips Mengatasi Kamera Android Error atau Tidak Dapat Terhubung

awi

          
         Tips - Fitur kamera android merupakan fitur yang menjadi keutamaan paling penting yang menjadi perhatikan para pengguna Android, termasuk saya. Mengapa demikian? Karena dengan kamera, seseorang bisa mengabadikan sesuatu dari apa yang ia lihat. Selain itu, di era digital sekarang ini, kamera menjadi primadona kaum hawa untuk berselfie – selfie ria dimanapun tempatnya.



Bicara masalah kamera, kali ini saya akan berbagi tips mengenai cara memperbaiki kamera android yang error atau tidak bisa dibuka. Dan biasanya para pengguna Android mengeluhkan mengenai pesan yang tampil dari kamera itu sendiri seperti "Cannot Connect to Camera" atau “Tidak Dapat Terhubung Ke Kamera”. Tidak hanya pada Samsung saja, tetapi permasalahan tersebut juga sering terjadi pada semua perangkat android seperti Lenovo, Asus, Smartfreen, Sony, Xiomi, Advan, Oppo, dst.

Dari setiap masalah yang muncul pastinya ada penyebabnya. Dan Setiap smartphone memiliki faktor penyebab yang berbeda – beda. Biasanya saat kamera android mengalami error atau tidak bisa dibuka, terjadi setelah jatuh pada benda keras, entah itu dirumah ataupun dijalan raya. Selain itu, upgrade sistem OS terkadang juga membuat kamera tidak bisa dibuka. Lalu, apakah ada solusi dari permasalahan ini?



Memperbaiki Kamera Android Tidak Bisa Terhubung 

Untuk Mengatasi Kamera Yang Error Atau Tidak Bisa Terhubung, Cobalah untuk melakukan tips – tips berikut ini, Siapa tahu nantinya bisa terhubung dan bisa normal kembali. Tips yang saya berikan memang tidak bisa dikatakan berhasil 100%, namun setidaknya anda coba terlebih dahulu supaya tahu hasilnya seperti apa. Langsung saja simak Metode Mengatasi Kamera Android Tidak Berhubung berikut ini.



Baca Juga :

Metode 1 : Reboot Ponsel..

Saat terjadi error pada kamera, cara pertama yang bisa anda lakukan yaitu dengan me-reboot ponsel. Setelah itu, lepaskan baterai, Memori Card (Micro SD), dan kartu SIM. Diamkan selama 20 – 30 detik agar tidak ada sumber daya yang masuk pada smartphone. Selanjutnya pasang dan hidupkan kembali. Cobalah untuk membuka kamera, semoga nantinya bisa terhubung dan normal kembali.

Metode 2 : Hentikan dan Hapus Data Aplikasi

Untuk metode yang kedua yakni anda harus menghentikan dan menghapus data aplikasi kamera. Cara ini biasanya ampuh dalam mengatasi aplikasi kamera yang bermasalah, terutama aplikasi kamera bawaan. Menghapus data aplikasi akan membersihkan semua data yang tersimpan seperti cache, history, basis data, setting kamera, dan lainnya. Untuk menghapus data aplikasi, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.



Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Semua » Cari “Kamera” » Kemudian tap “Paksa Berhenti dan “Hapus Data”. 

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Metode 3 : Gunakan Aplikasi Kamera Lainnya

Jika yang rusak adalah aplikasi kamera bawaan, maka cobalah untuk menginstall aplikasi kamera lainnya, seperi Camera 360 misalnya. Unduh aplikasi tersebut melalui Google Play Store secara gratis. kemudian pasang dan coba gunakan. Apabila terhubung, maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi bawaan android telah rusak.

Metode 4 : Scan Dengan Anti Virus

Kamera yang error atau muncul pesan peringan terkadang juga dibebabkan oleh Virus yang menginfeksi kamera. Untuk itulah anda perlu melakukan scanning agar virus-virus tersebut bisa terhapus dan kemera bisa digunakan kembali. Gunakan Aplikasi Antivirus yang sangat powerfull seperti AVG, 360 security, atau Avast.

Metode 5 : Factory Reset

Jika dengan cara – cara diatas juga tidak bisa mengatasi kamera android yang error, cobalah untuk melakukan Factory Reset atau Mengembalikan Smartphone Ke Pengaturan Pabrik. Cara ini sebenarnya sangat beresiko karena nantinya semua aplikasi yang telah anda install akan hilang, terkecuali untuk aplikasi bawaan. Sebelum melakukan factory reset pastikan bahwa semua data telah anda backup agar nantinya bisa anda kembalikan lagi.



Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Buat Cadangan dan Reset » Kemudian tap “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar”. 

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Metode 6 : Bongkar Ponsel..

Jika dengan factory reset juga tidak mengatasi masalah, kemungkinan besar terjadi kerusakan pada hardware kamera itu sendiri. Sebaiknya lakukan pembongkaran pada smartphone android. cek pada bagian koneksi kabel dengan kamera, apakah masih dalam kondisi baik atau tidak.

CATATAN : untuk langkah yang terakhir, sebaiknya jangan anda lakukan jika anda tidak tahu - menahu mengenai hardware Smartphone. Untuk lebih baiknya bawalah ke Service Center agar nantinya bisa diperbaiki oleh teknisi Android yang lebih handal.

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Kamera Android Yang Macet, Berhenti Tiba – Tiba, Tidak Terhubung, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan mengenai kamera android, silahkan tulis melalui kolom komentar ini atau komentar di Channel Youtube Awiopen Web. Terima kasih dan selamat mencoba!!



Silahkan tinggalkan komentar yang positive untuk mendukung kami agar lebih berkembang bersama semua.

1 komentar:

  1. I'm using AVG security for a number of years now, and I'd recommend this solution to everyone.

    ReplyDelete

Contact Us

Phone :

+62.00000100

Address :

Surabaya, Jawa Timur,
Indonesia

Subscribe :

awiopen web